Bagaimana Cara Kita Menghadapi dan Menawarkan Produk Kepada Nasabah (Selling Skill Part 1)

Marketing merupakan salah satu ujung tombak dalam suatu usaha. Sebagus apapun produk ataupun jasa yang dihasilkan tidak akan berhasil dipasarkan dengan maksimal tanpa didukung sistem/cara penjualan (marketing) yang baik. Oleh karena itu sistem penjualan/pemasaran memegang peranan penting dalam dunia usaha.

Dunia maketing adalah dunia yang dinamis. Berikut ini beberapa ulasan singkat namun padat mengenai strategi penjualan (Selling skills) yang banyak digunakan dalam perusahaan-perusahaan berkaliber nasional ataupun internasional untuk menambah wawasan Anda mengenai dunia marketing. Semoga bermanfaat !

Bagaimana strategi untuk menghadapi klien/nasabah ketika kita hendak menawarkan suatu produk ataupun jeruk. Langkah-langkah yang dapat Anda terapkan yakni :

MENGATUR TAHAP MEMBUKA KUNJUNGAN

  1. Menyapa calon klien/nasabah dan membangun sebuah hubungan yang simpatik.
  2. Menjelaskan agenda dan memaparkan manfaatnya bagi Calon Klien/Nasabah.
  3. Mengajukan pertanyaan kualifikasi kepada klien /nasabah.
  4. Mengatur perencanaan sebagai langkah selanjutnya.
  5. Mengatur pertemuan.
  6. Setelah melakukan langkah awal seperti dijelaskan di atas, kita lakukan proses lanjutan yakni menganalisa kebutuhan klien.

MELAKUKAN ANALISA TERHADAP KEBUTUHAN CALON KLIEN/NASABAH

  1. Menggali kebutuhan klien /nasabah dengan pertanyaan terbuka, melalui : Mengajukan Pertanyaan Informasi, Mengajukan Pertanyaan Problem dan Mengajukan Pertanyaan Solusi
  2. Mendengarkan penjelasan Calon Klien/Nasabah
  3. Memperjelas kebutuhan Calon Klien/Nasabah
  4. Memastikan kebutuhan Calon Klien/Nasabah yang menjadi prioritas utama
  5. Analisa telah dilakukan salah satu tahapan penting berikutnya adalah merumuskan solusi yang Anda miliki atas permasalahan yang dimiliki oleh klien/nasabah.

MENGHUBUNGKAN DENGAN SOLUSI ANDA

  1. Menguraikan apa yang menjadi kebutuhan klien/nasabah
  2. Memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi Klien/nasabah
  3. Paparkan/Nyatakan manfaat produk/jasa Anda

Langkah akhir yang tak kalah penting dalam rangkaian proses marketing Anda adalah sebagai berikut :

MENENTUKAN KOMITMEN PELANGGAN

  1. Apa saya telah menjawab semua pertanyaan yang dimiliki Klien/nasabah
  2. Berikan Ringkasan manfaat
  3. Usulkan tindakan selanjutnya yang memajukan proses penjualan
  4. Apa ada kebutuhan lainnya yang bisa dibantu
  5. Minta Referensi
  6. Terima kasih dengan Antusias (hal ini terlihat sepele namun merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan)

SUMBER | PENULIS ARTIKEL


About these ads